Pengertian Silabus
• Garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi/materi pembelajaran (salim, 1987:98
• Merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajara dan penilaian yang disusun secara sitematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar (Yulaelawati,2004:123)
• Salah satu rancangan kurikulum pembelajaran.
• Merupakan ringkasan isi komponen-komponen kurikulum
• Penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi, kompetensi dasar, dan pokok-pokok/uraian materi yang harus dipelajari siswa ke dalam rincian kegiatan dan strategi pembelajaran, kegiatan dan strategi penilaian, dan alokasi waktu per mata pelajaran per satuan pendidikan dan per kelas
• Salah satu tahapan pengembangan kurikulum, khususnya untuk menjawab “apa yang harus dipelajari?”
• Merupakan hasil atau produk pengembangan disain pembelajaran, seperti PDKBM, GBPP, dsb.
Isi Silabus
Berkenaan dengan komponen silabus lebih rinci dikemukan oleh nurhadi ( 2004:142) bahwa silabus berisi uraian program yang mencantumkan:
• Bidang studi yang diajarkan
• Tingkat sekolah dan semester
• Pengelompokan kompetensi dasar
• Materi pokok
• Indicator
• Strategi pembelajaran
• Alokasi waktu
• Bahan atau alat serta media
Manfaat Silabus
• Pedoman bagi pengembangan pembelajaran lebih lanjut:
o Pembuatan rencana satuan pembelajaran
o Pengelolaan kegiatan pembelajaran
o Penyediaan sumber belajar
o Pengembangan sistem penilaian
Prinsip pengembangan silabus
• Ilmiah
o Materi pembelajaran yang diberikan dalam silabus harus memenuhi kebenaran secara ilmiah.
• Memperhatikan perkembangan dan kebutuhan siswa
o Cakupan,kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus disesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik dan psikologis siswa.
• Sistematis
o Silabus dianggap sebagai suatu system sesuai konsep dan prinsip system, penyusunan silabus dilakukan secara sistematis, sejalan dengan pendekatan system atau langkah-langkah pemecahan masalah.
• Relevansi,Konsitensi, dan Kecakupan
o Dalam penyusunan silabus diharapkan adanya kesesuaian\, keterkaitan, konsitensi dan kecakupan antara standar kompetensi, kompetnsi dasa, materi pokok, pengalaman belajar,system penilaian dan sumber bahan(DepDIknas, 2004:11)
Prosedur Pengembangan
• Persiapan - Needs/diagnostic analysis
• Penyusunan silabus - Design
• Perbaikan - Validation
• Pemantapan - pengesahan
• Pelaksanaan - Implementation
• Penilaian – Monev
Silahkan klik dibawah ini untuk mendownload contoh silabus
1. Contoh Silabus
Sabtu, 30 Januari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar