Senin, 18 Januari 2010

STUDY KELAYAKAN BISNIS (SKB)

STUDY KELAYAKAN BISNIS
KOMPUTER DAN ASESORIS




KATA PENGANTAR

Segala puja-puji kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan karunia dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan Proposal ini dengan baik.
Proposal ini kami buat sebagai salah satu tugas mata kuliah Study Kelayakan Bisnis. Sehubungan dengan ini kami sampaikan rencana kami untuk membuat proposal bisnis “PUSAT PENJUALAN KOMPUTER DAN ACESORIS”, yaitu salah satu jenis bisnis. Kami harap Proposal ini dapat menjadi referensi bagi mahasiswa-mahasiswa untuk berkarir dan menyongsong masa depan dikemudian hari.
Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik sarana maupun prasarana serta dukungan moril dalam menyelesaikan proposal ini. Pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Dra. Hj. Retno Endah Supeni,MM, selaku Dosen Pembimbing mata kuliah Study Kelayakan Bisnis.
Kami menyadari dalam proposal ini tidak bisa lepas dari sebuah kesalahan, maka kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk lebih menyempurnakan proposal ini. Harapan kami semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi kita semua.




Jember, April 2008



Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Uraian Dari Rencana Usaha Secara Financial Benefit dan Social Benefit
BAB II. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Aspek Pasar
2.2 Berapa Besar Market Share
2.3 Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan di Masa Yang Akan Datang
2.4 Strategi Yang Dilakukan Dalam Meraih Market Share
2.5 Penetapan Harga Jual
BAB III. ASPEK TEKNIS DAN TEKNOLOGI
3.1 Lokasi Usaha
3.2 Persediaan Tenaga kerja
3.3 Tersedianya Listrik
3.4 Transportasi
3.5 Teknik Operasional
BAB IV. ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
4.1 Bentuk Organisasi
4.2 Struktur Organisasi
4.3 Penempatan Orang
4.4 Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab
BAB V. ASPEK EKONOMI DAN KEUANGAN
5.1 Perkiraan Investasi
5.2 Kebutuhan Modal Kerja
5.3 Sumber pendanaan
5.4 Perkiraan Pendapatan
5.5 Estimasi / Perkiraan Rugi – laba
5.6 Kriteria Investasi


BAB VI. KESIMPULAN DAN REKOMENDASIAN
6.1 Kesimpulan
6.2 Rekomendasi

LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN

I. 1 Latar Belakang
Secara geografis Kabupaten Jember mempunyai wilayah laut yang cukup luas dan membentang di sepanjang Pantai Selatan Jawa atau Samudra Indonesia dengan panjang pantai kurang lebih 170 km. Sedang luas perairan Jember yang termasuk ZEE (Zona Ekonomi Ekslusif) kurang lebih 8.338,5 km2, dengan potensi lestari sebesar 40.000 ton per tahun. Jumlah produksi ikan di kawasan pantai di Jember setiap tahun sekitar 6.315,22 ton. Adapun komoditas jenis-jenis ikan hasil laut Jember salah satunya adalah ikan tongkol.
Ikan tongkol merupakan salah satu sumber protein hewani sangat diperlukan oleh manusia. Bukan sekadar mudah dicerna, tetapi asam aminonya memiliki pola hampir sama dengan asam amino pada tubuh manusia. Sehingga banyak dikonsumsi masyarakat, mudah didapat, dan harganya murah.
Kami melihat bahwa ini adalah merupakan peluang baru untuk berwirausaha yang cukup potensial untuk pengembangan masakan baru yaitu abon ikan tongkol, untuk itu kami mencoba melakukan inovasi baru untuk berwirausaha karena untuk usaha abon ikan tongkol di jember ini tergolong masih baru. Abon ikan tongkol itu sendiri adalah jenis makanan awetan yang terbuat dari ikan laut yang diberi bumbu, diolah dengan cara perebusan dan penggorengan. Produk yang dihasilkan mempunyai bentuk lembut, rasa enak, bau khas, dan mempunyai daya awet yang relatif lama.
Dengan adanya pengembangan produk baru abon ikan tongkol ini dapat menjadikan peluang pasar yang cukup diminati oleh masyarakat. Semakin sadarnya masyarakat akan petingnya megkonsumsi makanan yang sehat. Karena keunggulan, abon ikan tongkol ini lebih menyehatkan dibanding dengan abon yang terbuat dari daging sapi. Sebab, abon ini non-kolesterol sehingga dapat dikonsumsi oleh semua kalangan usia atau para penderita penyakit tertentu yang tidak boleh mengkonsumsi daging sapi. Abon ini juga mengandung Omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta abon ini dibuat tanpa bahan pengawet.
.
I.2 Uraian Rencana Usaha Secara Financial Benefit dan Sosial Benefit
Dengan mempertimbangkan segi pasar yang ada di Kota Jember khususnya yang ada pada daerah kampus, masih tersedia peluang yang besar dalam bisnis ini (space market). Dikarenakan usaha ini merupakan usaha yang masih segar dan cukup menjanjikan.
Dengan melihat dari segi financial benefit, usaha ini masih memiliki prospek cerah dan menguntungkan. Hal ini ditunjang dengan perkembangan tekhnologi yang semakin maju yang ada di dunia khususnya Indonesia yang membutuhkan tekhnologi.
Dan ditinjau dari segi social benefit, usaha ini tidak memiliki dampak yang negative, baik untuk masyarakat menengah-atas dan menengah-bawah. Justru dengan usaha ini kami mampu menjadi salah satu usaha yang membantu masyarakat dalam mengembangkan sumberdaya manusia kususnya untuk masyarakat Jember.


BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

1. Daerah Pemasaran
Daerah pemasaran dalam penjualan abon ini terletak di daerah sekitar kampus yang mencakup kecamatan sumbersari, kaliwates, dan patrang. Untuk kecamatan sumbersari kami tekankan di tempat kos-kosan mahasiswa dan pedagang lauk pauk yang berada disekitar perumahan. Dengan melihat kondisi pasar yang ada, maka kami mampu memperkirakan market share untuk usaha pusat penjualan abon Ikan tongkol sebesar ± 5% dari wilayah kota Jember.

2. Jumlah volume yang dipasarkan
Dalam penjualan abon ini dalam setiap harinya kami perkirakan mampu menjuala sebanyak 50 unit.

3. Jenis Produk yang dipasarkan
Produk yang kami jual dalam usaha ini yaitu abon dari ikan tongkol.

4. Rencana pemasaran
Saluran distribusi adalah salah satu saluran distribusi yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang dari produsen sampai konsumen. Adapun saluran distribusi yang dipakai oleh perusahaan adalah sebagai berikut :
1. Saluran distribusi langsung
Dalam saluran distribusi ini pihak konsumen atau pembeli langsung mendatangi bagian penjualan dikantor penjualan.
2. Saluran distribusi tidak langsung
Dalam saluran distribusi ini produsen menjual kepada agen atau di titipkan, kemudian para agen menjual langsung kepada konsumen.
5. Harga jual
Harga jual yang kami tetapkan dalam menjual abon ini per unitnya sebesar Rp 1.500. Sedangkan untuk harga konsinyasi/titipan sebesar Rp 1.400.
6. Strategi promosi
Strategi promosi yang kami gunakan dalam menarik para konsumen yaitu dengan cara membuat selebaran dan juga menggunakan cara membagikan produk kepada konsumen secara gratis pada tahap pengenalan produk ini.


7. Strategi persaingan
Karena perusahaan abon ikan tongkol di Jember merupakan tergolong baru maka untk persaingan masih belum ada.

8. Rencana penjualan
Dalam rencana penjualan abon ini per bulannya sebesar 432 unit, dengan harga per unitnya sebesar Rp 1.500. Sehingga jumlah penjualan atau pendapatan sebesar Rp 648.000 /bulan.



BAB IV
ASPEK MANAJEMEN

1. Bentuk badan usaha
Usaha “Abon Ikan Tongkol” yang didirikan merupakan usaha Firma. Usaha abon ikan tongkol ini nantinya akan kami legalitaskan dengan mendaftarkan pada notaris dengan asumsi agar mendapatkan perlindungan dari hukum-negara.

2. Gambaran pengelola usaha
1. Nama : Didit Hariyanto
Umur : 24 Tahun
Pendidikan : Mahasiswa
Jabatan : Ketua Pelaksana

2. Nama : Zariah Arifianti
Umur : Tahun
Pendidikan : Mahasiswa
Jabatan : Sekretaris

3. Nama : Reni Ariskawati
Umur : Tahun
Pendidikan : Mahasiswa
Jabatan : Bendahara

4. Nama : Izzudin Ahda
Umur : Tahun
Pendidikan : Mahasiswa
Jabatan : Divisi Pemasaran

3. Gambar Struktur Organisasi




















4. Uraian Tugas dan Tanggung Jawab
1. Pengelola bertugas merencanakan program kebijakan perusahaan, mengkoordinir segala kegiatan, mengadakan pengawasan, dan pengendalian disegala bidang dan bertanggung jawab atas semua kegiatan
2. Bendahara dan administrasi bertugas sebagai mengelola uang
3. Tenaga kerja bagian produksi bertugas untuk membuat dan memasak abon
4. Tenaga kerja bagian pemasar produk bertugas memasarkan produk yang sudah siap jual dan promosi
5. Divisi R&D bertugas menangani berbagai permasalahan mengenai survey lapangan dan pemunculan ide-ide kreatif.















BAB V
ASPEK TEHNIS DAN OPERASIONAL
1. Lokasi Perusahaan
Abon ikan tongkol yang kami dirikan berada di Jl. Dr.soebandi Patrang-Jember

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dimasa Yang Akan Datang
Meningkatnya kebutuhan akan kemajuan tehknologi serta informasi secara cepat,serta besarnya pengaruh dari kondisi politik-ekonomi sehingga mengakibatkan tatanan sosial-budaya yang sedang mengalami transisi menuju masyarakat modern yang semakin inklusif.

2.1 Strategi Yang Dilakukan Dalam Meraih Market Share
1. Penentuan harga yang relative terjangkau oleh konsumen.
2. Deferensiasi produk dibandingkan dengan usaha sejenis yang lain.
3. Orientasi pelayanan yang baik bagi konsumen.
4. Tata ruang yang menarik dan memudahkan bagi konsumen pada waktu membeli sehingga memudahkan dalam memilih barang sesuai dengan keinginan.
5. Menyediakan pelayanan garansi servis untuk pembelian kusus komputer dan laptop.
6. Melakukan promosi melalui media massa (spanduk,pamflet,radio).
2.2 Penetapan Harga Jual
Penetapan harga komputer dan aksesoris pendukungnya yang ditawarkan akan kami kelompokkan dalam jenis dan harga barang
NO JENIS BARANG MERK KLASIFIKASI TIPE HARGA
1 Komputer Intel Megatron D1 Pentium 3.275.000
Intel Megatron D2 Pentium 3.375.000
Intel Megatron D3 Pentium 4.355.000
Intel Megatron D4 Core 2duo 5.050.000
Intel Megatron D5 Core 2duo 5.250.000
Intel Megatron D6 Core 2duo 7.350.000
2 Laptop Axioo Neon TVR856C 4.559.000
Axioo Neon TVR618P 5.499.00
Axioo Neon TVR6122 6.399.000
Acer Aspire 4351-200508Mi 5.300.000
Acer Aspire 4720Z-3A0512Mi 6.400.000
Acer Aspire 4920-5A0316Mi 7.660.000
Thosiba Satellite L40-CM540 5.600.000
Thosiba Satellite L200-A410 7.300.000
Thosiba Satellite U305-T7250 10.950.000
3 LCD Proyektor Thosiba TDP SC35 6.075.000
Thosiba TDP T45 7.100.000
Sony VPL-ES4 70175.000
BENQ MP611 7.285.000
4 Printer EPSON STYLUS C90 500.000
EPSON STYLUS CX5500 830.000
EPSON STYLUS R270 1.551.000
EPSON LX300+II 1.599.000
EPSON LQ-2180 5.450.000
HP 2466 500.000
HP P1006 1.325.000
CANON PIXMAIP1880 470.000
5 Monitor LCD ADVANCE 17” 584 1.450.000
LG 17” L1553S 1.855.000
LG 17” L177WSB WDSR 1.835.000
LG 19” L196WT WDSR 2.780.000
6 Keyboard Prolink PKM 3805U 140.000
Prolink PKM 3801 100.000
Simbadda SK920 80.000
Mellenia PS/2 30.000
Millenia Smart PS/2 35.000
Logitech EX 90 35.000
7 Mouse Millenia PS 2 35.000
Millenia DT 19 trac 50.000
Millenia USB DT 19 45.000
Millenia USB K001 PS/2 50.000
Double cover 50.000
USB Wireles 75.000
8 Meja Komputer Aztec CD800 125.000
Grace 801 100.000
Grace 803 147.000
Grace 805KC 317.000
Grace 806LS 122.000
Crystal CD-280 135.000
Crystal CD-280TK 232.000
Crystal MK-80 412.000
Crystal MK-110KC 432.000
9 Speaker Altec BXR 1120E 170.000
XT-1 735.000
VS-2421 540.000
MX-5021 1.655.000
FX-4021 1.365.000
10 Flash Disk Nexus 1GB 75.000
2GB 105.000
4GB 165.000
Kingston DT-1 1GB 90.000
DT-1 2GB 125.000
DT-1 4GB 185.000
Vgen 1GB 85.000
2GB 115.000
11 Motherboard Abit 1LG pro 776.000
LG-95 766.000
IX 38 2.100.000
IP 35 1.120.000
Asus P5KR 1.687.000
Asus P5E3 3.990.000
P5LD2 SE/C 916.000
Asrock 4 core 1333-full HD 981.000
4 core 1333-V11V 1.215.000
12 CD/DVD-ROM/RW Asus CD-ROM S250B2 250.000
CD-RW 5232 230.000
Samsung CD-ROM 140.000
CD-RW 190.000
DVD-ROM 200.000
DVD-RW 350.000
13 Memory Nexus DDR 2P5300-512MB 130.000
DDR 2P5300-1GB 205.000
DDR 2P5300-2GB 340.000
Vgen DDR 2PC5300-256MB 80.000
DDR 2PC5300-512MB 125.000
DDR 2PC5300-1GB 195.000
DDR 2PC5300-2GB 395.000
14 Hardisk Seagate 80 GB 420.000
160 GB 510.000
250 GB 595.000
Maxtor 80 GB 415.000
160 GB 515.000
250 GB 775.000






BAB III
ASPEK TEKNIS DAN TEKNOLOGI

3.1 Lokasi Usaha
Pusat penjualan komputer dan acesoris yang akan kami dirikan terletak di Jl.PB Sudirman No. 15 Banyuwangi Komplek Pertokoan, karena letaknya yang strategis dimana tidak jauh dari aktivitas pelajar, mahasiswa dan instansi pemerintah. Hal ini memungkinkan lokasi ini sangat mudah umtuk menjadi tempat yang paling faforit bagi pelajar dan mahasiswa untuk mendapatkan kebutuhanya akan computer.

3.2 Persediaan Tenaga Kerja
Dalam penyediaan tenaga kerja, dibutuhkan 8 orang karyawan pada awalnya sedangkan untuk masa selanjutnya maka kebutuhan tenaga kerja disesuaikan di kemudian hari. Dan perekrutan tenaga kerja bisa untuk mahasiswa yang membutuhkan kerja atau masyarakat umum, tentunya yang sesuai dengan proses perekrutan berdasarkan kriteria yang ditentukan pimpinan.

3.3 Transportasi
Sarana trasportasi yang akan kami gunakan untuk mempermudah saluran distribusi barang pada saat pemesanan kami mengunakan jasa pengiriman, selain ituuntuk barang tertentu kami menggunkan mobil yng kusus kami sediakan untuk sarana pendukung dalam kegiatan operasi.
3.4 Tersedianya Listrik
Sarana listrik sebagai pendukung utama kemajuan usaha kami telah tersedia sesuai dengan standarisasi yang diberikan oleh pihak pemilik komplek pertokoan.

3.5 Tenik Operasional
Komputer dan aksesoris pendukungnya ini kami sediakan dengan cara melalui kerjasama dengan distributor besar yang ada di Surabaya dan Jakarta, sehingga dapat memperoleh harga yang murah di bandingkan dengan derah lain. Sehingga kami dapat menekan harga jual kepada konsumen dengan harga yang terjangkau. Dalam proses pemesanan kami menggunakan tekniklangsung dan tidak langsung dimana ketika memesan barang ada yang memang dikususkan dan ada barang yang dipesan berdasarkan kebutuhan konsumen. Disamping itu dalam proses pemesanan kami selalu menunggu ketika harga computer sedang mengalami penurunan. Karena harga computer ini naik turunya dipengaruhi oleh perubahan kurs dolar terhadap rupiah dan jumlah stok permintaan barang yang ada di distributor besar




BAB IV
ASPEK ORGANISASI DAN TEKNOLOGI

4.1 Bentuk Organisasi
Usaha “ Pusat penjualan Komputer dan Acecosries “ yang didirikan merupakan usaha perseorangan. Usaha yang dimiliki, dikelola dan dipimpin oleh seseorang yang bertanggung jawab penuh terhadap resiko dan aktivitas perusahaan. Usaha Pusat penjualan Komputer dan Acecosries ini akan kami legalitaskan dengan mendaftarkan pada notaris dengan asumsi agar mendapatkan perlindungan dari hukum-negara.

4.2 Struktur Organisasi



















4.3 Penempatan Orang (The Rigth Man and The Rigth Place)
Penempatan tenaga kerja di pusat penjualan komputer dan acesoris ini disesuaikan dengan keahlian yang didapatkan dari hasil proses analisa tenaga kerja pada tahap perekrutan. Dengan hasil tersebut, maka manajemen menetapkan bahwa job description telah sesuai dengan langkah optimalisasi tujuan perusahaan.

4.4 Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab
1. Manajer:
 Merencanakan program dan kebijakan perusahaan dengan mempertimbangkan data yang didapatkan dari agen pemasaran ataupun bagian manajemen yang lain.
 Memberikan dan menjelaskan job description bagi tenaga kerja
 Mengkoordinir segala kegiatan
 Bertanggung jawab atas semua kegiatan
 Menerima laporan keuangan dari kasir dan membuat pembukuan besar
2. Bendara:
 Mewakili manajer jika ada pihak eksternal dalam hal ini adalah lembaga/ perusahaan yang ingin melakukan kerjasama, mis: sponsorship, penawaran jasa promosi dengan sebuah acara/ kegiatan.
 Bertanggung jawab terhadap keuangan antara aktiva dan pasiva.
 Pendataan jumlah konsumen dengan bekerjasama dengan pengawas yang kemudian dapat dijadikan usulan ide kepada manajer.
 Memberikan usulan ide tentang display produk (tata ruang, dll) kepada manajer, berkaitan dengan program promosi.
 Menerima pembayaran dari konsumen
 Membuat laporan harian yang kemudian diserahkan kepada manajer
 Melakukan pendataan produk Melakukan kegiatan promosi “Pusat penjualan Komputer dan Acecosries” di dalam program data base.
3. Teknisi:
 Memberikan jasa layanan kepada konsumen masalah servis computer dan lainya
 Memeriksa barang-barang dagangan tentang kondisinya
 Menjaga barang yang disimpan digudang agar tetap normal
 Menentukan jenis barang yang akan dipesan yang bekerja sama dengan menejer

4. Karyawan:
 Menjaga kebersihan dan kerapian display produk
 Melakukan kegiatan promosi “Pusat penjualan Komputer dan Acecosries”
 Memberikan informasi dan melayani konsumen dengan sebaik mungkin.
 Pemasangan label (no seri, harga) pada produk
 Mengatur tempat penitipan barang milik konsumen
 Membantu agen pemasaran dalam pengaturan ketika ada stock produk baru
 Mengirim barang ataupun tenaga lepas dalam pengiriman.

BAB V
ASPEK EKONOMI DAN KEUANGAN

5.1 Perkiraan Investasi
Sewa Gedung Rp.10.000.000 x 10 th Rp. 100.000.000
Transportasi Rp. 1.000.000 x 120 Rp. 120.000.000
Peralatan :
 Rak dinding (2 x 1 meter) 8 unit @Rp. 500.000 Rp. 4.000.000
 Etalase (2 x 3 m) 4 unit @Rp 1.250000 Rp. 5.000.000
 Komputer 2 unit @Rp. 3.275.000 Rp. 6.550.000
 Meja komputer 2 unit @Rp 300.000 Rp. 600.000
 Meja komputer konsumen 3 unit @Rp. 100.000 Rp. 300.000
 Program kasir Rp. 1.000.000
 Kipas angin 2 unit@Rp. 200.000 Rp. 400.000
 Lampu 3 unit @Rp. 50.000 Rp. 150.000
 Sound system 3 pasang @Rp. 175.000 Rp. 510.000
 Nota Rp. 50.000
 Stempel + tinta Rp. 40.000
 Alat tulis Rp. 10.000
 Stavolt Rp 300.000
 Kursi 2 unit @Rp. 500.000 Rp. 1.000.000
 T-Shirt 20 unit @Rp. 35.000
 Mobil Box
 Alat Tekhnisi (Software + Hardware) Rp.
Rp
Rp. 700.000
55.000.000
10.000.000
Jumlah Rp. 305.610.000
Modal Kerja Rp. 617.133.800
Jumlah Perkiraan Investasi Rp. 922.743.800


5.2 Kebutuhan Modal Kerja
Biaya Tenaga Kerja:
 1 orang manajer @ Rp. 2.000.000 = Rp. 2.000.000
 1 orang Bendahara @ Rp. 800.000 = Rp. 800.000
 1 orang Tekhnisi @ Rp. 750.000 = Rp. 750.000
 3 oarang karyawan @ Rp. 600.000 = Rp. 1.800.000 (+)
Jumlah = Rp. 5.350.000

Biaya Penyusutan (Terlampir)

Biaya Tetap:
Beban listrik Rp 50.000 x 12 = Rp. 600.000
Beban Telp Rp 40.000 x 12 = Rp. 480.000
Beban Air Rp 20.000 x 12 = Rp 240.000
Biaya Asuransi Rp. 3.750.000 x 12 = Rp. 36.000.000
Biaya Penyusutan = Rp. 25.069.800
Dll Rp. 1.000.000 x 12 = Rp. 12.000.000 (+)
Jumlah Biaya Tetap = Rp. 83.389.800


Biaya Variabel :
Biaya Bahan Baku Rp 41.417.500 x 12 = Rp. 165.670.000
Biaya TKL Rp. 5.350.000 x 12 = Rp. 64.200.000
Biaya Promosi Rp. 1.000.000 x 12 = Rp. 12.000.000
Biaya Transportasi Rp. 1.000.000 x 12 = Rp. 12.000.000
Biaya Telp Rp 260.000 x 12 = Rp 3.120.000
Biaya Listrik Rp 250.000 x 12 = Rp 3.000.000
Biaya Air Rp 130.000 x 12 = Rp 1.560.000
BOP Rp. 22.987.000 x 12 = Rp. 275.844.000 (+)
Jumlah Biaya Variabel = Rp. 537.394.000

Total Biaya = Rp. 626.133.800

5.3 Sumber Pembiayaan

Sumber Biaya Investasi dan Modal Kerja Berasal dari pengumpulan modal tiga Orang :
1. Bayu Hardika 20% Rp. 186.348.760
2. Heri Siswanto 20% Rp. 186.348.760
3. Didit Hariyanto 20% Rp. 186.348.760
4. Investor 40% Rp. 372.697.520
Jadi Total Modal Awal Kerja sebeasr Rp. 922.743.800, dengan cara pembagian keuntungan sesuai dengan kesepakatan bersama bahwa keuntungan akan dibagi berdasarkan besarnya modal yang ditanamkan.

5.4 Perkiraan Pendapatan
Perkiraan Pendapatan selama 10 tahun :
(LAMPIRAN 5.4 Perkiraan Pendapatan)

Pendapatan Tahun 2009 = Rp. 922.608.800
Pendapatan Tahun 2010 = Rp. 1.005.624.000
Pendapatan Tahun 2011 = Rp. 1.020.577.000
Pendapatan Tahun 2012 = Rp. 1.193.919.000
Pendapatan Tahun 2013 = Rp. 984.089.000
Pendapatan Tahun 2014 = Rp. 1.039.140.000
Pendapatan Tahun 2015 = Rp. 1.154.567.000
Pendapatan Tahun 2016 = Rp. 1.204.524.000
Pendapatan Tahun 2017 = Rp. 1.347.758.000
Pendapatan Tahun 2018 = Rp. 1.533.531.000 ( + )

Total Pendapatan = Rp. 11.413.376.000


5.5 Estimasi / Perkiraan Rugi – Laba
Aliran Kas Masuk Bersih / Proceeds Selama 10 Tahun :
( LAMIPRAN 5.5 Perkiraan R/L )

Proceeds Tahun 2009 = Rp 304.813.020
Proceeds Tahun 2010 = Rp. 379.526.700
Proceeds Tahun 2011 = Rp. 392.984.400
Proceeds Tahun 2012 = Rp. 548.992.200
Proceeds Tahun 2013 = Rp. 364.645.200
Proceeds Tahun 2014 = Rp. 409.691.100
Proceeds Tahun 2015 = Rp. 350.634.000
Proceeds Tahun 2016 = Rp. 483.171.600
Proceeds Tahun 2017 = Rp. 370.129.800
Proceeds Tahun 2018 = Rp. 365.026.800 ( + )

Total Proceeds = Rp. 3.969.614.820
Lampiran 1
Perkiraan pendapatan
LAMPIRAN 3

BIAYA PENYUSUTAN:
Bangunan 100.000.000 – 10.000.000 : Rp 9.000.000
5
Rak dinding 4.000.000 – 400.000
5 : Rp. 720.000
Etalase 5.000.000 – 500.000
5 : Rp. 900.000
Komputer 6.550.000 – 655.000
5 : Rp. 1.179000
Meja komputer 600.000 – 60.000
5 : Rp. 108.000
Meja komputer konsumen 300.000 – 30.000
5 : Rp. 54.000
Program kasir 1.000.000 – 100.000
5 : Rp. 180.000
Kipas angin 400.000 – 40.000
5 : Rp. 72.000
Speaker 510.000 – 51.000
5 : Rp. 91.800
Kursi 1.000.000 – 100.000
5 : Rp. 180.000
Mobil Box 55.000.000 – 5.500.000
5 : Rp. 9.900.000
Alat Tekhnisi 10.000.000 – 1000.000
3 : Rp. 3.000.000
Stavolt 3000.000 – 20.000
2 : Rp. 135.000 (+)

Jumlah biaya penyusutan Rp. 25.069.800




5.5 Analisis Kriteria Investasi

1. Net Present Value
Tahun Discount Factor 10 % Proceeds PV Of Proceeds
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
0.909
0.825
0.751
0.683
0.621
0.564
0.513
0.467
0.424
0.386
Rp 304.813.020
Rp. 79.526.700
Rp. 92.984.400
Rp. 48.992.200
Rp. 64.645.200
Rp. 09.691.100
Rp. 350.634.000
Rp. 483.171.600
Rp. 370.129.800
Rp. 365.026.800
Rp 277.175.035,2
Rp. 313.109527,5
Rp. 295.131.284,4
Rp. 374.961.672,6
Rp. 226.444.669,2
Rp. 231.065.780,4
Rp. 179.875.242
Rp. 225.641.137,2
Rp. 156.935.035,2 Rp. 140.900.344,8

PV Of Proceeds
PV Of Outlays Rp. 2.348.945.486
RP. 922.743.800
NPV Rp. 1.426.201.686

Kritearia NPV : Positif - Diterima


Investasi =Rp 922.743.800
Proceeds Tahun 1 = Rp 304.813.020 -
RP 617.930.780
Proceeds tahun 2 = Rp 379.526.700 -
Rp. 238.404.080


Maka PBP dari Investasi tersebut adalah 2 tahun 7 bulan
PBP lebih pendek dari umur investasi maka PBP Diterima

3. Profitability Index = PV Of Proceeds
Pv Of Outlays
= Rp. 2.348.945.486
Rp. 922.743.800
= Rp, 2,5
Kriteria PI > 1 maka PI Diterima
4. Internal Rate Of Return / IRR (Lampiran.IRR)
BAB VI
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

6.1 Kesimpulan
Dengan konsep pemasaran yang kami uraikan diatas dan dengan berdasarkan hasil perhitungan aspek keuangan, usaha ini sangat menguntungkan karena dapat memberikan profit setiap tahunnya.
Tabel. Kesimpulan terhadap kelayakan usaha
No Alat Ukur Hasil Pengukuran Keterangan
1.
2.
3.
NPV
PBP
PI 1.426.201.686
2 tahun 7 bulan
2.5 Baik
Baik
Baik


6.2 Rekomendasi

Pihak Internal

1. Mengingat tingkat kesulitan dalam penyusunan proposal Study Kelayakan Bisnis yang mewajibkan mendirikan usaha baru, maka kami berharap adanya bimbingan secara intens dari dosen pembimbing mata kuliah study kelayak bisnis, agar nantinya proposal ini bisa lebih sempurna dan dapat ditinjak lanjuti.
2. Kepada lembaga agar lebih banyak memberikan pelatihan atau seminar kewirausahaan dan menyediakan buku-buku atau artikel dan informasi lainnya guna dijadikan referensi.

Pihak Eksternal

1. Berdasarkan hasil perhitungan aspek keuangan dan analisa aspek pasar, kami yakin usaha ini layak dipertimbangkan sebagai lahan investasi bagi para pemilik modal untuk lebih mengembangkan usaha ini.
2. Terjalinnya kerjasama yang baik dengan berbagai pihak yang mendukung kesuksesan dalam bisnis ini.





LAMPIRAN 5.5 Perkiraan R/L

Hasil Penjualan 2009 Rp. 922.608.800
Biaya Tetap Rp. 83.389.800
Biaya Variabel Rp.537.394.000 +
Total Biaya Rp. 620.783.800 -
Laba Kotor Rp. 301.825.000
Pajak 10 % Rp. 30.182.500 -
Laba Bersih (EAT) Rp. 271.642.500
Aliran kas masuk bersih/Proceeds =Rp. 271.642.500 + 25.069.800
=Rp. 296.712.300

Hasil Penjualan 2010 Rp.1.005.624.000
Biaya Tetap Rp. 83.389.800
Biaya Variabel Rp.591.133.400 +
Total Biaya Rp. 674.523.200 -
Laba Kotor Rp. 331.100.800
Pajak 10 % Rp. 33.110.080 -
Laba Bersih (EAT) Rp. 297.990.720
Aliran kas masuk bersih/Proceeds =Rp. 297.990.720 + 25.069.800
=Rp. 323.060.520

Hasil Penjualan 2011 Rp. 1.020.577.000
Biaya Tetap Rp. 97.069.000
Biaya Variabel Rp.505.714.000
Biaya semi variable Rp. 9.000.000 +
Total Biaya Rp. 611.783.000 -
Laba Kotor Rp. 408.794.000
Pajak 10 % Rp. 40.879.400 -
Laba Bersih (EAT) Rp. 367.914.000
Aliran kas masuk bersih/Proceeds =Rp. 367.914.000 + 25.069.800
=Rp. 392.984.400

Hasil Penjualan 2012 Rp. 1.193.919.000
Biaya Tetap Rp. 97.069.000
Biaya Variabel Rp.505.714.000
Biaya semi variable Rp. 9.000.000 +
Total Biaya Rp. 611.783.000 -
Laba Kotor Rp. 582.136.000
Pajak 10 % Rp. 58.213.600 -
Laba Bersih (EAT) Rp. 523.922.400
Aliran kas masuk bersih/Proceeds =Rp. 523.922.400 + 25.069.800
=Rp. 548.992.200

Hasil Penjualan 2013 Rp. 984.089.000
Biaya Tetap Rp. 97.069.000
Biaya Variabel Rp.505.714.000
Biaya semi variable Rp. 9.000.000 +
Total Biaya Rp. 611.783.000 -
Laba Kotor Rp. 377.306.000
Pajak 10 % Rp. 37.730.600 -
Laba Bersih (EAT) Rp. 339.575.400
Aliran kas masuk bersih/Proceeds =Rp. 339.575.400 + 25.069.800
=Rp. 364.645.200

Hasil Penjualan 2014 Rp. 1.039.140.000
Biaya Tetap Rp. 97.069.000
Biaya Variabel Rp.505.714.000
Biaya semi variable Rp. 9.000.000 +
Total Biaya Rp. 611.783.000 -
Laba Kotor Rp. 427.357.000
Pajak 10 % Rp. 42.735.700 -
Laba Bersih (EAT) Rp. 384.621.300
Aliran kas masuk bersih/Proceeds =Rp. 384.621.300 + 25.069.800
=Rp. 409.691.100

Hasil Penjualan 2015 Rp. 973.521.000
Biaya Tetap Rp. 97.069.000
Biaya Variabel Rp.505.714.000
Biaya semi variable Rp. 9.000.000 +
Total Biaya Rp. 611.783.000 -
Laba Kotor Rp. 361.738.000
Pajak 10 % Rp. 36.173.800-
Laba Bersih (EAT) Rp. 325.564.200
Aliran kas masuk bersih/Proceeds =Rp. 325.564.200 + 25.069.800
=Rp. 350.634.000
Hasil Penjualan 2016 Rp. 1.120.785.000
Biaya Tetap Rp. 97.069.000
Biaya Variabel Rp.505.714.000
Biaya semi variable Rp. 9.000.000 +
Total Biaya Rp. 611.783.000 -
Laba Kotor Rp. 509.002.000
Pajak 10 % Rp. 50.900.200-
Laba Bersih (EAT) Rp. 458.101.800
Aliran kas masuk bersih/Proceeds =Rp. 458.101.800 + 25.069.800
=Rp. 483.171.600

Hasil Penjualan 2017 Rp. 995.183.000
Biaya Tetap Rp. 97.069.000
Biaya Variabel Rp.505.714.000
Biaya semi variable Rp. 9.000.000 +
Total Biaya Rp. 611.783.000 -
Laba Kotor Rp. 383.400.000
Pajak 10 % Rp. 38.340.000 -
Laba Bersih (EAT) Rp. 345.340.000
Aliran kas masuk bersih/Proceeds =Rp. 345.340.000 + 25.069.800
=Rp. 370.129.800

Hasil Penjualan 2018 Rp. 989.513.000
Biaya Tetap Rp. 97.069.000
Biaya Variabel Rp.505.714.000
Biaya semi variable Rp. 9.000.000 +
Total Biaya Rp. 611.783.000 -
Laba Kotor Rp. 377.730.000
Pajak 10 % Rp. 37.773.000 -
Laba Bersih (EAT) Rp. 339.957.000
Aliran kas masuk bersih/Proceeds =Rp. 339.957.000 + 25.069.800
=Rp. 365.026.800

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar